29 Oktober 2013

Jurnal Umum



JURNAL UMUM

Jurnal (journal) merupakan catatan akuntansi yang pertama atau disebut books of original entry. Pencatatan transaksi dalam bentuk jurnal dilakukan berdasarkan data keuangan yang terdapat dalam bukti transaksi. Buku jurnal dicatat atau disusun secara historis dan kronologis sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi yang tercantum dalam bukti transaksi.

Ada 2 bentuk buku jurnal:
1. Jurnal Umum
2. Jurnal Khusus.

Jurnal khusus digunakan untuk mencatat jenis transaksi tertentu, seperti buku jurnal penjualan. Sedangkan jurnal umum bisa digunakan untuk mencatat semua jenis transaksi.

Bentuk Standar Jurnal Umum
 ---------------------------------------------------------------------------------------------
|  Tanggal   |  Keterangan                   |   Ref      |    Debet       |    Kredit      |
----------------------------------------------------------------------------------------------
|                 |                                        |               |                     |                    |
|                 |                                        |               |                     |                    |

Contoh:
                                                                                                   Halaman: 1
----------------------------------------------------------------------------------------------
Tanggal         Keterangan                       Ref               D                         K
----------------------------------------------------------------------------------------------
2002
Juli      01      Biaya Gaji                                  15.000.000                      0
                            Kas                                                     0       15.000.000
                     (Bayar gaji karyawan) 
-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.--.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-
  Cara pengisian buku jurnal: 
1. Nomor halaman
Bagian ini diisi dengan angka nomor halaman yang bersangkutan, misalnya halaman 1, halaman 2.

2.  Tanggal
Tanggal transaksi dicatat berdasarkan tanggal yang terdapat dalam dokumen transaksi.
Pada akuntansi manual (menggunakan buku-jurnal) kolom tanggal biasanya dibagi 2 bagian. Pencatatan tanggal dilakukan dengan cara berikut:
- kolom pertama baris pertama diisi dengan angka tahun. Baris berikutnya diisi dengan nama bulan.
- kolom kedua diisi dengan angka tanggal.
Pada akuntansi berbasis komputer kolom tanggal hanya ada 1 dan diisi dengan format tertentu dari berbagai bentuk tanggal yang disediakan.

3. Keterangan
Kolom ini diisi dengan nama akun yang digunakan dalam jurnal dan keterangan singkat tentang transaksi yang dicatat dengan ketentuan sebagai berikut
- akun yang dicatat pada sisi Debet ditulis lebih dahulu.
- akun yang dicatat pada sisi Kredit ditulis setelah akun-akun Debet dan menjorok ke kanan.
- dibawah akun-akun kredit dituliskan keterangan atau penjelasan singkat tentang transaksi tersebut. Biasanya jurnal ditulis dengan tinta berwarna hitam dan keterangan ditulis dengan tinta berwarna biru.

Namun ketentuan tersebut tidak berlaku pada akuntansi berbasis komputer. Bisa jadi akun kredit yang berada pada baris pertama dan akun debet pada baris berikutnya. Keterangan ditulis pada kolom yang lain.

4. Referensi
Kolom ini diisi dengan nomor/ kode akun yang digunakan dan dilakukan pada saat transaksi tersebut telah dipindahkan ke buku besar (posting). Hal ini untuk menjadi tanda pekerjaan posting telah dilakukan atau belum.

5. Debet
Kolom ini diisi dengan angka nominal jumlah uang yang akan didebetkan pada akun yang bersangkutan.

6. Kredit
Kolom ini diisi dengan angka nominal jumlah uang yang akan dikreditkan pada akun yang bersangkutan. 

Pencatatan jurnal transaksi berikutnya dipisahkan dengan satu baris kosong.

ANALISA TRANSAKSI

Mencatat transaksi dalam jurnal dilakukan setelah melakukan analisa transaksi terhadap dokumen bukti transaksi, dengan cara sbb:
1. Tentukan akun yang akan digunakan atau terpengaruh oleh transaksi.
2. Tentukan pengaruh bertambah atau berkurang pada akun-akun tersebut.
3. Tentukan sifat Debet atau Kredit akun yang bertambah atau berkurang tersebut.
4. Hitung nilai masing-masing akun untuk dicatat disisi Debet atau Kredit

Sifat Debet atau Kredit dari (kelompok) akun berdasarkan pengaruh bertambah atau berkurang akun-akun tersebut karena transaksi, sbb:
-----------------------------------------------------------------------------------------
Akun/ Kelompok Akun                        Bertambah                 Berkurang
-----------------------------------------------------------------------------------------
Aktiva                                                            D                              K
Akumulasi Depresiasi                                   K                               D
Kewajiban                                                     K                               D
Modal/ Ekuitas                                              K                               D
Prive                                                             D                              K
Pendapatan                                                  K                               D
Harga Pokok Penjualan                               D                              K
Biaya                                                             D                              K
-------------------------------------------------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berarti