22 Maret 2011

Membuat File Data


>> seri belajar myob v17

Create a New Company File


1.    Buka/ aktifkan program MYOB Accounting hingga jendela Welcome to Myob Accounting muncul.
2.    Klik Create a new company file.
3.    Muncul jendela New Company File Assistant. Klik Next.
4.    Lengkapi isian dalam jendela yang muncul, seperti Serial Number (nomor serial yang ada dalam cd instalasi), Company Name (nama perusahaan), Company No (nomor surat izin perusahaan), VAT No (NPWP), Address (alamat), Phone Number (nomor telepon), Fax Number (nomor fax), Email Address (alamat email).
Nama perusahaan wajib diisi, jika tidak maka myob akan membuat nama file/perusahaannya ‘Myob’. Isian yang lainnya bersifat pilihan, bisa dibiarkan kosong atau bisa diisi/ dilengkapi isian setelah file data selesai dibuat.
Klik Next.
5.    Muncul jendela untuk mengisi periode akuntansi, yaitu:
Current Financial Year: tahun dimulainya pencatatan dengan myob.
Last month of financial year: bulan terakhir periode akuntansi (di Indonesia biasanya Desember)
Conversion month: bulan awal periode akuntansi atau bulan dimulainya pencatatan transaksi dengan myob (di Indonesia biasanya bulan Januari atau bulan lain  dimulainya pencatatan dengan myob).
Number of Accounting Periods: Jumlah bulan dalam satu periode akuntansi (biasanya 12 bulan).
Klik Next.
6.    Berikutnya muncul jendela konfirmasi periode akuntansi yang telah diatur sebelumnya. Klik Back jika ingin memperbaiki periode akuntansinya dan klik Next jika sudah setuju dengan pengaturan tersebut.
7.    Berikutnya memilih rancangan daftar akun. Pilih opsi yang ketiga: I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB.
Klik Next.
8.    Berikutnya menentukan tempat penyimpanan file data. MYOB akan menempatkan file data dalam folder C:\Accounting17\[namafile]. Klik tombol Change untuk mengganti lokasi penyimpanan file.
Dalam jendela New tentukan lokasi penyimpanan file yang baru. Klik Save.
9.    Klik Next.
1    Muncul jendela progres pembuatan file data. Tunggu sebentar, bahkan hanya beberapa detik.
1    Muncul jendela Congratulation. File telah dibuat dan disimpan. Pada jendela ini ada 2 pilihan:
Setup Assistant untuk mengatur sistem myob berdasarkan panduan dari myob.
Command Centre untuk langsung membuka file data/ modul-modul myob.
Klik Command Centre.
Muncul jendela Command Centre

Command Centre


Pada jendela windows terdapat title MYOB Accounting disudut kiri atas. Dibawahnya terdapat menubar: File, Edit, Lists, Command Centres, Setup, Reports, Window, Help. Disudut kanan bawah terlihat nama file data yang sedang diaktifkan. Pada jendela MYOB terdapat title Command Centre dan nama perusahaan.
Command centre merupakan modul utama atau pusat perintah untuk mengaktifkan semua modul yang ada dalam MYOB.

Jendela Command Centre dibagi jadi 3 bagian utama:

Bagian atas adalah modul-modul MYOB: Accounts, Banking, Sales, Purchases, Inventory, Card File;

Bagian tengah adalah subfungsi Modul yang terpilih, misal jika mengklik modul Account akan terlihat submodul: Account List, Record Journal Entry, Transaction Journal, Send to Accountant, Transfer Money, Company Data Auditor.

Bagian bawah adalah Commond Panel: To Do List, Find Transactions, Reports, Analysis.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berarti