22 Maret 2011

Start dan Exit Program

>> seri belajar myob v17


Setup Komputer untuk MYOB

DATE & TIME  dan REGIONAL SETTING

Sebelum membuka atau mengisi file data dengan transaksi, periksalah pengaturan date&time dan regional setting windows. Pengaturan tersebut berhubungan dengan cara menulis tanggal transaksi dan simbol mata uang yang akan muncul dalam form-form entry data.

Jika menggunakan Windows XP, pilih: Start >> Control Panel >> Regional and Language Options (Biasanya  berlambang globe/ bumi).
Pilih tab regional options.
Pada bagian Standards and Formats, pilih: Indonesia.
Saya menyarankan memilih English (United State) karena sesuai dengan sistem Myob khususnya ketika akan mengekspor data ke dalam format Excel. Namun harus berhati-hati memasukkan tanggal dalam form transaksi, yaitu dengan format mm/dd/yyyy. atau bulan/tanggal/tahun. Lihat juga: Tips Myob - Send... to Excel.
Klik OK dan komputer akan Restart. Tunggulah beberapa saat.

Berikutnya atur tanggal dan waktu menjadi tanggal dan waktu saat ini.
Pilih: Start >> Control Panel >> Date & Time (Biasanya  berlambang kalender).
Atur tanggal dan waktu yang diinginkan lalu klik OK.

Memulai Program

Pilih : Start  >> All Programs >> MYOB Accounting v17 >> +MYOB Accounting v17+ atau klik 2 kali icon Myob yang ada dalam desktop, lalu muncul form Welcome to MYOB Accounting. Ada 5 pilihan sebagai berikut:

Open Your Company File : untuk membuka file data yang sudah dibuat atau  yang sudah ada.

Create a New Company File : untuk membuat file data baru.

Explore the Sample Company : untuk menampilkan file contoh yang sudah termasuk dalam instalasi program MYOB, namanya: Clearwater Pty. Ltd.

What’s New in This Version : untuk menampilkan suatu form yang memberikan informasi yang lengkap tentang program MYOB.

Exit MYOB Accounting : untuk keluar dari program MYOB.

Mengakhiri/ Keluar dari Program

Pilih menubar File >> Exit, atau klik tanda silang pada kanan atas form command centre.

Jika saat membuka file data, Anda telah menambah entry transaksi, maka MYOB akan menawarkan untuk mencetak laporan transaksi yang telah dilakukan. Pilih: Quit No Report jika tidak ingin mencetak laporan transaksi dan pilih Session Report jika ingin mencetak laporan transaksi (jurnal) sesi terakhir yang telah dimasukkan.

Kemudian MYOB juga menawarkan membuat file back up. Pilih: No jika tidak ingin membuat file backup saat ini dan pilih Yes jika ingin membuat file backup.
Membuat file backup sudah menjadi keharusan untuk keamanan data dan ini harus dilakukan secara periodik tertentu, bisa perhari, perminggu, atau perbulan. Proses backup dapat dilakukan secara manual dari Menubar File >> Backup.

Kemunculan form session report dan backup data saat keluar program dapat ditiadakan dengan memberi tanda centang pada pesan: In the future, do not show this message, atau mengatur Setup Preferensi Security, yaitu dengan menghilangkan tanda centang pada pilihan backup.

1 komentar:

  1. MYOB itu perlu aktivasi online untuk mengaktifkan company code yang sudah dibuat. Jadi percuma.

    Saya punya solusi, bagi siapa saja yang membutuhkan MYOB tanpa aktivasi online maka saya sarankan untuk menggunakan MYOB PREMIER 7.5. Myob Premier 7.5 adalah versi offline terakhir yang dibuat oleh MYOB yang tanpa perlu aktivasi online.

    Untuk mendapatkan MYOB PREMIER 7.5 yang dapat di install di WIndows 10, 7, 8 dan XP, multi user, multi currency dan tanpa aktivasi online dapat menghubungi saya di 0813 48 021 778 (WA Available)

    BalasHapus

komentar anda sangat berarti